Kamis, 08 November 2012

Sebab-sebab terjadinya sengketa internasional



 Pada hakikatnya sengketa internsional merupakan sengketa  yang terjadi antar Negara. Munculnya sengketa sebenarnya bukanlah suatu masalah yang baru. Kaerne sengketa internasional tersebut lahir jauh sebelum Negara Negara modern lahir.

Setiap Negara pasti memiliki kebutuhan atau kepentingan masing masing, begitu banyak ragam perbedaan kepentingan mulai dari kebutuhan fisik maupun non fisik. Secara garis besar kebutuhan kebutuhaan itu meliputi fisiologis, ekonomi, politik, social, budaya, pertahanan dan keamanan

 Mereka mengangap bahwa kebutuhan kebutuhan tersebut sangat vital, oleh karena itu kadang kadang untuk mendapatkanya tidak segan melalui pertentangan atau konflik.

Mengamati sengketa internasional yang terjadi selama ini, sumber masalah yang menyebabkan terjadinya sengketa internasional dipicu oleh beberapa factor yaitu

1.       Factor ideology, yaitu pertentangan atau sengketa internasional  yang dipicu oeh pertentangan ideology. Masing masing pihak ingin berebut pengaruh agar ideologimya berlaku didunia. Misalnya pertentanganideologi Liberal  dan negaara Negara pendukung ideology sosialis komunis

2.       Factor politik, yaitu pertentangan yang dipicu oleh adanya kepentingan untuk menguasai bagian wilayah negaraatau perbatasan wilayah.milanya sengkera Malaysia dan Indonesiamengenai status pulau sipadan dan ligitan.

3.      Factor ekonomi.yaitu sengketa yang dipicu oleh adanya perebutan sumberdaya alam, misanya ketika Amerika menyerang Irak, banyak kalangan yang menilai bahwa selain factor politik juga karena factor minyak Irak yang berlimpah, yang ingin dikuasai oleh Amerika.

4.       Factor social budaya, ini terjadi karena perbedaan  social budaya. Misalnya fanatisma budaya arab terhadap budaya non arab, sehingga terjadinya pemberontakan dan terror, seperti di aljazair, mesir, dan libiya.

5.       Factor pertahanan dan keamanan, yaitu pertentangan atau sengketa yang terjadi karena masing masing pihak mempertahankan daerahnya atau kekuasaanya, misalnya saat Iraq menduduki dan mempertahankan  wilayah kwait kemudian diserang oleh psukan Amerika dengan pasukan Multi nasional dari berbagai Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar