Kamis, 08 November 2012

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat mencakup pada aktifitas dan pola makan contohnya Pekerja terlalu sibuk tanpa cukup istirahan dan olah raga, makan-makanan instan yang banyak mengandung zat kimia dan bahan penyebab penyakit lainnya. Aturan pola hidup sehat alami sebenarnya tidak sulit, hanya saja kita susah mendisiplinkan diri untuk melakukannya secara continue. Berikut ini aturan yang perlu diperhatikan dan diterapkan dalam pola hidup sehat secara alami
1.      Makan dengan Menu Makanan yang Seimbang dan Menghindari Makanan Penyebab Penyakit
Makanan yang seimbang adalah makanan yang harus dimakan untuk membuat tubuh berfungsi dengan normal.Makanan seimbang gabungan harusnya mengasilkan tenaga yang cukup,karbohidrat, protein, lemak, serat (fiber), bahan galian, asam lemak, dan vitamin. Contohnya makan yang nantinya dapat menimbulkan penyakit yaitu makan mengandung gula atau koleseterol tinggi, dan juga makanan yang mengandung zat-zat kimia.
2.      Istirahat yang Cukup
Tubuh tidak boleh di porsir bekerja, tubuh butuh istirahat yang cukup. Jika istirahat kurang lama kelamaan tubuh akan kelelahan dan berbagai penyakit akan muncul. Waktu istirahat yang utama adalah tidur pada malam hari. Lama tidur untuk orang dewasa antara 6-8 jam. Pada jam-jam kita tidur terjadi tahapan detoksifikasi/mengeluaran racun-racun dalam tubuh, jika tidur kita kurang maka proses itu tak akan sempurna.
3.      Olahraga Teratur
Dengan melakukan aktifitas olahraga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit, menjaga berat badan, metabolisme menjadi lancar sehingga penyerapan nutrisi kedalam tubuh lebih sempurna yang  membuat kita lebih bertenaga dan semangat menjalankan aktifitas lain.

4.      Perbanyak Makan Buah dan Sayuran
Sayur dan Buah mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sehingga kesehatan dapat terjaga, dan membuat tubuh tidak mudah diserang penyakit.
5.      Minum Air putih Sebanyak 2 liter dalam 1 hari
Air memiliki peranan penting dalam tubuh. Sekitar 60% dari berat adalah cairan (air). Dalam prosesnya cairan tersebut ada yang keluar melalui keringat dan urine, untuk menjaga volume cairan tubuh tetap normal maka kita harus minum yang cukup. Kekurangan cairan tubuh di sebut dehidrasi yang dapat menyebabkan gangguan kesadaran, pada tingkat lebih parah menyebabkan kehilangan kesadaran, koma bahkan bisa berakibat kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar